PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEBERAGAMAN SUKU, RAS, AGAMA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA DAN DEMOKRASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Siti Henhen Fatimah

Abstract


Abstrak: Perbedaan suku, ras, agama, adat istiadat, pola pikir antara individu-individu siswa adalah suatu keniscayaan yang harus disikapi dengan cara demokratis pada saat siswa berinteraksi di sekolah dengan sesama siswa lainnya. Diperlukan suatu perilaku siswa dalam mengembangkan sikap demokrasi dengan langkah-langkah identifikasi diri, proses interaksi budaya dan asimilasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman suku, ras, agama dalam Bhineka Tunggal Ika dan sikap demokrasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, agama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika prasiklus adalah 63,83 dengan ketercapaian ketuntasan pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, agama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika 39,99 % dari jumlah siswa yang mencapai KKM 70, kemudian terjadi peningkatan pada siklus 1  adalah 70,16 dengan ketercapaian  66,67 %, dan kembali mengalami peningkatan pada sikus 2 adalah 72,66  dengan ketercapaian ketuntasan pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, agama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika 83,33% dari jumlah siswa yang mencapai KKM 70. Hal tersebut menunjukan bahwa penelitian telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, agama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, selain itu penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievemen Division  (STAD) juga dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dan sikap demokrasi siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Bhineka Tunggal Ika; Demokrasi; Keberagaman; STAD.


Full Text:

PDF 37-44

References


Isjroni. (2007). Pembelajaran Visioner, Perpaduan Indonesia – Malaysia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mar’at. (1984). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pudjiastuti, S.R. (2018). Implementation of The Mind Mapping Model With Scattergories Game in Improving Creativity and Learning Outcomes in National Education Materials. Journal of Humanities and Social Studies, 2(2), 22-24.

Pudjiastuti, S.R. (2019). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Wahab, A.A. (1993). Materi Pokok Pendidikan Pancasila. Jakarta: Universitas Terbuka.

Waluya, B. (2007). Sosiologi Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: Setia Purna Inves.

Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.

Sedyawati, E. (2003). Warisan Budaya Tak Benda Masalahnya Kini di Indonesia. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Lembaga Penelitian Universitas Indonesia (PPKB-LPUI).

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning. USA: Asimon and Schuter Company.


Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF 37-44 : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

© 2020 STKIP Arrahmaniyah Depok