UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BUDAYA DEMOKRASI DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI METODE DISKUSI

Muhammad Agung Abdul Rohman

Abstract


Abstrak: Keberhasilan peningkatan interaksi sosial dan budaya demokrasi dapat ditentukan oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa. Dikarenakan interaksi sosial dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan fisik dan mentalnya, maka besar peranan pendidikan kewarganegaraan dalam memberikan arah perkembangan interaksi yang terarah bagi siswa sehingga terbentuk demokrasi yang baik serta melahirkan interaksi sosial dalam belajar- pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan metode diskusi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi budaya demokrasi dan interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar prasiklus sebesar 51,61% dengan nilai rata-rata 69,33, meningkat pada  siklus I  sebesar 64,52% dengan nilai rata-rata 73,67 dan terjadi peningkatan pada siklus II  sebesar 76,92% dengan nilai rata-rata 80,00, dan pada siklus III meningkat sebesar 92,31% dengan nilai rata-rata 85,33. Dengan adanya peningkatan tersebut menjelaskan bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi pada pembelajaran menghayati budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan interaksi sosial siswa.

Kata Kunci: Budaya Demokrasi; Diskusi; Interaksi Sosial.


Full Text:

PDF 45-57

References


Anwar, D. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amalia.

Budiarjo, M. (2000). Dasar-Dasar Ilmu Politik(Jakarta: Gramedia.

Daryanto. (1997). Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. & A. Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta; Rineka Cipta.

Gerungan. (1986). Psikologi Sosial. Bandung: Erisko.

Munawar, I. (2009). Pengertian Budaya Demokrasi, http//Indramunawar, blogspot.com. Diunduh 25 Juni 2009 Jam 15.00.

Pudjiastuti, S.R. (2018). Implementation of The Mind Mapping Model With Scattergories Game in Improving Creativity and Learning Outcomes in National Education Materials. Journal of Humanities and Social Studies, 2(2): 22-24.

Pudjiastuti, S.R. (2019). Penelitian Pendidikan., Yogyakarta: Media Akademi.

Sardiman A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sahertian, P.A. (1990). Prifil Pendidik Profesional, Yogyakarta: Andi Offset.

Soekanto, S. (2002). Pengantar Sosiologi, Jakarta: Prima Karya.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF 45-57 : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

© 2020 STKIP Arrahmaniyah Depok